Search This Blog

Powered By Blogger

datang melawat

Rakan Blogger

About Me

My photo
kangar, perlis, Malaysia
Assalamualaikum... terima kasih pada yang sudi datang menjenguk blog saya... Nama sebenar Nor Asmah Binti Hussin... Nama Blogger saya Hang Li Po... Kenapa Hang Li Po??? hehe sebab saya Sepet... tapi sepenuhnya melayu ok.... Anak kepada En Hussin Dan Puan Maznah... Isteri kepada En NorHafifi Bin Abdul Muthalib... Ummi Kepada Muhammad Aiman Hakim dan Afrina Zara Batrisyia.... Kakak Kepada Amirah dan Afiqah Najihah.... penulisan adalah minat saya... sebarang pertanyaan bolehlah email kepada saya norasmah2787@gmail.com.... sekian terima kasih

Tuesday, March 9, 2010

Cara Mudah Untuk Berhenti Merokok


Semua doktor di dunia telah sepakat bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Tidak hanya bagi perokok itu sendiri, tetapi yang lebih banyak menerima efek buruk dari asap rokok itu adalah orang yang berada di sekitar para perokok tersebut, terutama istri dan anak-anak mereka.

Menyadari hal dia atas para perokok atau biasa di sebut sebagai orang yang terkena sydrome merokos terius menerius berkeinginan untuk mencoba menghentikan kebiasaan buruknya itu. Namun akibat dari sudah terlanjur merasakan nikmatnya asap rokok, sehingga keinginan itu hanyalah sebatas di angan angan saja.


Nah kali ini, Li Po coba untuk membagikan tip atau cara mudah untuk berhenti merokok. Semoga bisa membantu anda untuk bisa terlepas dari kecanduan asap rokok.

rokok1
1. Niat yang bulat
Cobalah bulatkan niat anda dari sekarang untuk berhenti menghisap asap rokok.

2. Tanamkan pemahaman pada diri anda bahwa merokok itu sangat merugikan
a. Kesehatan
Racun tembakau berupa tar dan nikotin yang terkandung didalam sebatang rokok, lambat laun akan menggerogoti fungsi jantung anda. Sehingga anda akan jauh lebih cepat meninggal dunia akibat terkena serangan jantung atau penyakit kanker. Dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

b. Finansial
Coba anda hitung berapa uang yang suda anda habiskan dalam setahun untuk membeli sebatang rokok. Disaat orang lain membiasakan diri untuk membeli suplemen atau vitamin atau produk kesehatan lain untuk menunjang pola hidup sehat. Justru anda malah membuang-buang penghasilan anda untuk sesuatu yang akan membahayakan hidup anda. Dan mungkin saja minggu depan anda akan masuk ke rumah sakit dengan biaya yang lumayan tinggi akibat dari perbuatan anda sendiri.

c. Sosial
Jelas anda akan dijauhi oleh orang terdekat anda. Siapa sih yang suka dengan asap rokok. Siapa sih yang suka dengan bau busuk tembakau yang keluar dari mulut anda. Tidak hanya itu, sekarang ini banyak instansi, perkantoran swasta bahkan ruang publik lainnya yang mewajibkan pengunjungnya untuk tidak merokok . Apa anda tidak merasa terisolir.

3. Merubah kebiasaan


a. Biasanya kebiasan merokok itu dilakukan setelah selesai makan. Lidah dan bibir akan terasa asam dan gatal bila tidak merokok. Nah coba saja mulai sekarang ganti kebiasaan merokok itu dengan menghisap permen atau memakan buah buahan segar yang justru akan membantu proses pencernaan makanan yang baru saja masuk ke dalam tubuh anda daripada menghisap racun tembakau yang justru akan membuat darah anda terkontaminasi racun jahat yang berasal dari sebatang rokok.

b. Kebiasaan yang kedua adalah disaat anda sedang sendirian, tentunya keinginan untuk merokok itu sangat kuat.
Mulai sekarang usahakan jangan terlalu asyik sendiri. Sibukkan diri anda dengan membuka komputer anda. Lakukan tugas anda atau mulailah berinteraksi dengan teman maya anda di situs2 yang anda ikuti. Atau kalau tidak tatap layar TV anda, untuk sekedar menambah informasi terbaru anda tentang situasi sekarang. Kemudian ambilah beberapa kentang goreng atau makanan kecil lainnya untuk menemani anda. Sehingga keingginan untuk menghisap asap tembakau jahat itu akan terlupakan.

c. Saat ditawari oleh teman perokok anda, kadang anda sulit untuk menolaknya padahal anda sudah mulai berhenti merokok. Coba anda katakan saja bahwa anda sudah berhenti merokok. Saya yakin ia akan menghargai anda dan mematikan rokok yang sedang dihisapnya. Bila memang masih merokok, coba anda minta baik-baik kepada teman anda itu untuk menghentikan sementara di depan anda, karena anda merasa terganggu dengan asap yang keluar dari mulutnya. Bila memang masih belum bisa menghentikannya anda jauhi saja. Buat apa berteman dengan orang yang sengaja menyebarkan racun yang mematikan itu.

d. Disamping hal diatas biasanya keinginan untuk merokok itu begitu kuat saat anda terserang insomnia yang membuat anda tidur larut malam, maka biasanya orang akan membakar sebatang rokok di mulutnya untuk menghilangkan suasana dingin di malam hari.
Buat anda yang sering tidur larut malam mulailah belajar untuk disiplin waktu, buatlah semacam jadwal kegiatan dan tugas anda di rumah jangan sampai melebihi jam 10 malam. Sehingga ketika jam menunjukan pukul 10 malam semua kegiatan yang anda lakukan total berhenti dan saatnya anda masuk ke tempat peraduan anda.

e. Lakukanlah olah raga ringan seperti lari-lari kecil di sekitar rumah anda saat pagi hari. Ini dapat merubah kebiasaan buruk anda itu, di samping itu juga, berolah raga saat pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh anda.

4. Lakukan secara bertahap


Tentunya tidak semua kebiasaan itu bisa anda hentikan seketika. Lakukan secara bertahap dimulai dari sekarang. Satu contoh bila hari ini anda menghabiskan rokok sebayak satu bungkus atau 12 batang. Besok anda kurangi cukup sebanyak 11 batang saja. Kemudian lusa kurangi lagi menjadi cukup sebanyak 10 batang saja. Begitu seterusnya sampai anda benar-benar tidak menyentuh batang berbahaya itu.

Itulah tip sederhana dari Li Po. Semoga bermanfaat dan mulai sekarang tinggalkanlah kebiasaan buruk anda mulai hari ini dan untuk selama lamanya. Buat sahabat terbaik Li Po bila ada tip lainnya silahkan di tambahkan untuk Li Po di bawah.
Terimakasih sebelumnya



sweet, hang li po

1.48 am 10/03/2010

tak suka insan merokok


4 comments:

Mr feckry said...

gua tak hisap rokok.gua setuju dengan lu . Rokok HARAM!

hang li po said...

;-)

Hafiz Yusof said...

thank info yg bagus

hang li po said...

klau awk smoking try r cara yg Li po gtau tu ek...;-)

Usia My Life

Daisypath Friendship tickers

Saat Cinta Bersemi

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Muhammad Aiman Hakim

Daisypath Happy Birthday tickers

Afrina Zara Batrisyia

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers